Yuli Astutik

Juli astuti itulah namaku,hobiku dari masih anak-anak menyanyi yang setiap minggu waktu itu suaraku selalu mengisi Radio RKPD Ponorogo, berpuisi , menari juga m...

Selengkapnya
Navigasi Web
DARINGKU DALAM  PANDEMI  MENGAWALI ERA PERUBAHAN

DARINGKU DALAM PANDEMI MENGAWALI ERA PERUBAHAN

#gurusiana ke- 104

#lombajuli2020.mediaguru.id

OPINI

TEMA : BERANI MENGAJAR SIAP BELAJAR

Haruskah kita terpaku pada pembelajaran pola lama ,di masa pandemic ini ? Itulah yang selalu menjadi sorotan public , tentang dunia pendidikan kita saat ini, banyak sekali kalangan yang mencermati , menilai dan mempertanyakan, tentang tugas, dan fungsi pokok, yang di emban oleh seorang guru, di masa pandemic saat ini.

Bahkan tak sedikit tudingan miring itu diarahkan kepada para pendidik, yang selama masa pandemic ini , di anggap tidak mampu melaksanakan tugas mengajarnya, akibatnya,guru di anggap telah menikmati gaji buta , seperti yang pernah di sampaikan oleh oknum dalam media kompas beberapa waktu yang lalu.

Kemudian, mengapa perubahan pola pembelajaran itu harus dilakukan ? Sebab di masa pademi covid 19 ini, kita tidak lagi bisa mengajar dengan system Pembelajaran Pola lama, karena system itu di anggap sudah kadaluwarsa, sehingga tidak akan cocok lagi untuk mengatasi pembelajaran pada saat pandemic ini .

Protokol kesehatanlah , yang harus selalu di jaga ,dan akan menjadi sebuah Budaya Nasional , dengan tetap menjaga jarak, sehingga system pembelajaran jarak jauh lah, yang cocok untuk dilakukan .

Lalu bagaimanakah sikap kita, dalam menyongsong era Perubahan tersebut ? Beberapa waktu yang lalu telah di canangkan kurikulum pendidikan “ MERDEKA BELAJAR “ oleh Mendikbud Nadiem Makarim, asesemen dalam kurikulum tersebut, tidak berdasarkan pada pencapaian mata pelajaran ,atau penguasaan materi.

Tetapi justru cenderung pada pola penugasan , contohnya penugasan yang di maksud adalah :dalam bentuk portopolio , tugas kelompok, karya tulis dan praktikum, dengan menyertakan program link match,yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa pada peningkatan ketrampilan / skill, yang di arahkan menuju dunia usaha dan industri , Dunia usaha atau industri yang di maksud adalah , seperti, industry kreatif , contohnya : membuat Desain, karya music, karya tulis ,video keatip, tutorial, dan masih banyak yang lainya.

Lalu siapakah yang akan melakukan perubahan tersebut, tentunya yang pertama kali adalah guru, oleh sebab itu perlu adanya peningkatan kwalitas diri setiap guru, untuk memahami dan mempelajari lebih lanjud tentang dunia internet, menjadi guru tidak boleh GAPTEK ( gagap tehnologi ), BERANI MENGAJAR HARUS SIAP BELAJAR.

Program mengajar kita sesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah kita masing – masing , dengan tetap memperhatikan standar mutu peserta didik ,membuat video pembelajaran ,menjadi sarana yang paling efektip untuk mengajar , sebagai pengganti tatap muka.

Apalagi pada pendidikan dasar yang masih sangat membutuhkan permodelan dalam proses pembelajaran, dengan melihat tayangan video atau gambar , mereka akan sangat mudah untuk menirukan, mencontoh, menghafal, sebab masa peka mereka menagkap informasi tersebut, lebih kepada penggunaan audio visual.

Kemudian bisa kita share melalui whas upp, atau kita unggah dalam you tube, tujuannya semua siswa akan dapat melihat dan mempelajari materi yang kita sampaikan itu, kapan saja waktunya, mereka bisa mengulang - ulang , kemudian kita berikan penugasan kepada siswa dengan menghasilkan produk belajar , sebagai umpan balik, sehinga dapat kita jadikan standart penilaian dari hasil tersebut,

Berikutnya adalah siswa, akan belajar melalui Daring / On Line , sehingga mengirimkan tugas nya pun bisa dengan daring atupun luring , dengan melihat tayangan video dalam Whas upp atau you tube, tutorial, pengisian Gogle Formurlir , bahkan mencari informasi materi melalui dunia Internet ,perubahan itu berlaku untuk semua siswa , mulai dari Paud, TK , SD SMP, SMA bahkan Perguruan Tinggi,

Stop pola lama , sambut era baru dalam pandemic dengan memanfaatkan dunia tehnologi dalam proses belajar mengajar , tanggung jawab ini ada di pundak para pendidik kita, bersama Pemeritah yang akan memberikan layanan Inteternet Pendidikan gratis kepada seluruh Guru dan Siswa di berbagai daerah, secara merata, dengan tujuan untuk mempermudah layanan pendidikan Daring .

Dengan mengadakan proses perubahan tersebut kita akan mampu menciptakan generasi penerus Bangsa yang Unggul , mampu berdaya saing dan bermartabat.

@stayathomenangkaan

BIODATA PENULIS :

Nama : Juli Astuti , Spd SD, Guru : SDN KADEMANGAN 1 , KABUPATEN BONDOWOSO , JAWA – Timur, Pernah menjadi Ketua KKG Gugus 3 Kab. Bondowoso , tahun 2107, Pernah Menjadi Instruktur Nasional kurikulum 2013 yang di selelenggarakan oleh LPMP JAWA – TIMUR , pada tahun 2014, Pengurus Aktif Darma Wanita Kabupaten Bondowoso, pada Bidang Pendidikan , hingga saat ini , Aktif Menulis pada Blog Guru siana , dan Fb, Media Guru Indonesia, turut menulis dalam beberapa buah Antologi, yaitu : Antologi puisi dengan Judul : Menyemai Renjana, Memendar Senjana, Antologi Ramadhan , dengan Judul : Merenda Kesucian Ramadhan, Antologi Pancasila, dengan judul : Pancasila Sakti, dan sebuah karya NOVEL mandiri , dengan judul : Pesona Samudra Kehidupan.

no: 081333762803

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sangat inspiratif, keren bun, semoga lolos..salam

04 Jul
Balas

Maturnuwun jeng

04 Jul

Mantap Say...lanjut. salam Literasi

04 Jul
Balas

Siaaaap ibu hasnah yang syantik eeemmmm ahh

04 Jul

Keren Bu, semoga lolos

04 Jul
Balas

Trimakasih pak

04 Jul

Mantul Bun. Terimakasih

04 Jul
Balas

Trimakasih

04 Jul

Mantul bu pembahasanx semoga lolos

04 Jul
Balas

Mantap bun. Sangat menginspirasi

04 Jul
Balas

Trimakasih

04 Jul

Mantul bund

04 Jul
Balas

Trimakasih bu

04 Jul

Pembatik, sukses bu

04 Jul
Balas

Wah ..ini menjadi inspirasi untuk melakukan perubahan ..salam literasi..

04 Jul
Balas

Trimakasih bu enge salam juga

04 Jul

Mantab bu Yuli...

04 Jul
Balas

Trims bu

04 Jul

Artikel yang sangat bermanfaat, penuh gizi tinggi...selalu keren apa yang disampaikan...salam sukses selalu

04 Jul
Balas

Trimakasih banyak bang khalid sukses juga buat njenengan yaa

04 Jul

Keren sangat ibu cantik.. Semoga berhasil... Salam santun

04 Jul
Balas

Trumakasih salam santun kembali

04 Jul

Keren bun. Sangat menginspirasi. Salam sukses.

04 Jul
Balas

Trimkasih sayang sukses juga buat mu yaa

04 Jul

Selamat dan sukses, Bun. Mantab.

04 Jul
Balas

Keren Bun... Semoga sukses

04 Jul
Balas

Amin ya robal alamin sukses juga bu buat panjenengan

04 Jul

Artikelnya bagus bund... Sukses ya bunda hebat

04 Jul
Balas

trimakasih pak sukses juga buat panjenengan

04 Jul
Balas

Keren Bu.

04 Jul
Balas

Mantap n keren ...goodluck buk

04 Jul
Balas

Trimkasih mbak elma syantik

04 Jul

Keren Bunda

04 Jul
Balas

Trimakadih cantik

04 Jul

Tugas Guru Bukan hanya mengajar lho masih ada yang lainnya.Lanjutkan

04 Jul
Balas

Pastinya pak sri trimakadih banyak masukanya

04 Jul

Keren Bu tulisannya. Semoga menjadi juars

04 Jul
Balas

Amin .... makasih mbak fifit yang cantik

04 Jul

Kereeeen bu

04 Jul
Balas

Alhamdulilah

04 Jul



search

New Post